Selasa, 22 November 2011

JNE Mengecewakan



 jne-yes-mengecewakan

 Masih hangat diingatan saya ketika membaca keluhahan seseorang di kolom surat pembaca dengan judul “JNE Salah Kirim Paket” di salah satu media eh malah sekarang saya dikecewakan oleh JNE, di mana asal dan tujuan paket sama dengan beliau yaitu pengiriman dari Bandung ke Jakarta.

Kekecewaan ini bermula dari tawaran relasi saya yang menawarkan product untuk saya coba dan saya sekalian menitip sesuatu yang khas dari Bandung agar bisa sekalian dikirimkan, dan relasi saya akhirnya mengirimkan dua paket pada sore hari yaitu tanggal 1 Februari 2011, di mana satu paket untuk saya dengan no AWB 1533281060009 dan saya meminta menggunakan paket service “YES” agar tanggal 2 Februari 2011 bisa saya terima dengan mempertimbangkan tanggal 3 Februari 2011 sudah libur.

Saya juga memilih alamat ditujukan ke kantor saja, di mana selain ingin mempermudah jasa pengiriman, posisi kantor kebetulan berada di jalan utama raya Cilandak KKO, Jakarta Selatan, dan tempatnya strategis sehingga meminimalkan salah alamat/nyasar, dibandingkan alamat rumah saya yang tidak strategis dan berada di dalam gang kecil.

Hari Rabu (2/2/2011), dengan berbekal no AWB saya coba tracking via fasilitas yang disediakan JNE di web, dan ternyata saya lihat statusnya sudah masuk Jakarta pukul 14.23 dengan status on process. Melihat waktu tersebut mulai muncul kekhawatiran dari diri saya apakah paket ini bisa diterima hari ini?

Akhirnya saya memutuskan menelpon ke call center (021) 29278888, dari hasil pembicaraan maka saya diyakinkan bahwa paket akan dikirimkan dan silahkan di call kembali jika pukul 17.00 belum diterima. Karena saya harus meeting akhirnya saya meminta bantuan relasi saya untuk menghubungi JNE memastikan status pengiriman tersebut.

Dari informasi yang didapatkan Relasi saya bahwa paket baru akan diantarkan jam 17.00 jadi saya akhirnya harus menunggu lagi dan merubah jadwal keluarga sebab masih harus menunggu paket tersebut.

Ketika waktu sudah menunjukkan pukul 19.00 belum juga ada tanda-tanda paket tiba, akhirnya saya memutuskan menelpon kembali ke Call Center JNE, dan diberikan janji yang sama, malahan staf di telpon tersebut ada yang menjamin namanya sebagai taruhan bahwa barang akan dikirimkan malam ini.

Mendapatkan kepastian ini saya menunggu lagi dan akhirnya pukul 20.17 saya mendapatkan call dari pihak JNE (021) 56957864 bahwa barang dipastikan malam ini tiba di tujuan. Tapi saya meminta agar kurir yang mengirim agar memberi info ke saya via call/sms jika paket telah tiba, atau jika perlu saya rela berkorban pulsa untuk menghubungi kurir tersebut menanyakan posisi di mana sebab saya sudah harus pulang ke rumah.

Namun pihak JNE tidak memiliki nomor yang bisa menghubungi kurir tersebut (aneh juga ya?) Akhirnya didapatkan kesepakatan bahwa paket tetap dikirimkan malam ini dan saya menganjurkan agar ditiitpkan ke security di main lobby agar malam nanti saya bisa mampir lagi untuk mengambilnya.

Tapi sampai pukul 23.45 saya tiba di kantor paket tak kunjung datang, dan security sudah cek ke seluruh anggota tidak ada yang menerima, dan ketika saya call ke call center lagi hanya disarankan untuk mengajukan CLAIM dan yang bisa mengajukannya hanya dari pihak pengirim.

Sampai saya menulis surat ini saya masih bingung bagaimana status paket saya, padahal tanggal 3 Februari 2011 sudah libur. Pulsa saya sudah menipis karena harus menelpon bolak-balik ke call center JNE, waktu terbuang. Sampai saya berpikir untung saya tidak mencoba pesan paket “PESONA JNE” yang menawarkan paket makanan, bisa-bisa sudah basi sampai di tujuan.

Yang anehnya lagi paket kedua yang dikirimkan oleh relasi saya ke kerabatnya bersamaan dengan paket saya namun memilih jasa reguler, malahan duluan sampai tadi siang. Benar-benar aneh, sudah bayar lebih kok malah nyampe belakangan dan dengan gampangnya hanya dianjurkan mengajukan klaim ongkos kirim.

Ini baru masalah kecil bagaimana kita bisa memberikan masalah besar jika hal kecil saja tidak bisa memberikan kepastian dan hanya janji-janji. Jadi bagi pembaca yang lain silahkan Anda menilai sendiri semoga bisa menentukan jasa yang lebih baik.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes